Beberapa definisi matrikuliasi:
a. Matrikulasi sebagai program aanvullen (Belanda) yang artinya pemenuhan kekurangan, sama artinya dengan istilah matriculation (Inggris).
b. Matrikulasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan awal yang diperlukan peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran pada jenjang tertentu.
c. Matrikulasi bertujuan untuk mencapai “entry level ” yang sama bagi seluruh peserta didik yang berisi pemantapan materi.
Sedangkan pengertian matrikuliasi menurut kurikulum 2013 SMP, Direktorat Pembinaan SMP mengartikan matrikulasi di SMP sebagai kegiatan pembelajaran untuk menyetarakan kompetensi peserta didik kelas VIII yang pada waktu kelas VII TP 2013/2014 belum mengikuti Kurikulum 2013 sehingga pada TP 2014/2015 dapat mengikuti program pembelajaran kelas VIII sesua Kurikulum 2013.
Adapun tujuan matrikulasi kurikulum 2013 SMP
a. Tujuan bimtek matrikulasi bagi Kepala Sekolah:
1) Memberikan pemahaman matrikulasi kurikulum 2013;
2) Memberikan gambaran penyusunan program matrikulasi kurikulum 2013; dan
3) Memberikan gambaran trategi implementasi pelaksanaan matrikulasi kurikulum 2013.
b. Tujuan program matrikulasi untuk siswa
1) Menyamakan kemampuan awal siswa kelas VIII mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan; dan
2) Melengkapi kemampuan awal siswa kelas VIII mencakup sikap, kemampuan dan ketrampilan yang belum mengikuti kurikulum 2013.
c. Tujuan program matrikulasi untuk guru dan Kepala Sekolah
1) Matrikulasi KD dan Indikator dari kompetensi yang sulit; dan
2) Matrikulasi penguatan metodologi dan penataan ulang materi kurikulum, contoh pembelajaran IPA dan IPS Terpadu secara blended (seperti es jus)
Pelaksanaan matrikulsai kurikulum 2013 SMP
a. Menganalisis jenis dan jumlah KD dan Indikator mata pelajaran B. Ind, PKKn, Mtk, IPA, IPS yang terdapat di kelas VII Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013;
b. Pre tes;
c. Memetakan materi matrikulasi, strategi pelaksanaan dan siswa sasaran;
d. Menentukan unsur-unsur yang terlibat dalam programmatrikulasi;
e. Menetapkan waktu pelaksanaan matrikulasi mata pelajaran;
f. Menyusun Jadwal Kegiatan Pembelajaran;
g. Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran;
h. Menyusun Laporan;
|
Contoh Rancangan Kegiatan Pembelajaran Matrikulasi
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester : Gasal
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | STRATEGI YANG DIGUNAKAN |
1. | Teks Laporan Hasil Observasi 3. Memahami, membedakan, mengklasisifikasi, dan mengidentifikasi teks hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan 4. Menangkap makna, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas teks hasil observasi yang disusun sesuai dengan karakteristik, struktur, dan kaidah teks secara lisan maupun lisan | 3.1 memahami teks 3.2 membedakan teks 3.3 mengklasifikasi teks 3.4 mengidentifikasi teks 1.1 menangkap makna teks 1.2 menyusun teks 1.3 menelaah dan merevisi teks 1.4 meringkas teks | a. pembelajaran reguler dengan penjadwalan khusus di awal dan/atau akhir semester b. terintegrasi c. penugasan mandiri |
2. | Teks Tanggapan Deskripsi 3. Memahami, membedakan, mengklasisifikasi, dan mengidentifikasi teks tanggapan deskripsi baik melalui lisan maupun tulisan 4. Menangkap makna, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas teks tanggapan deskripsi yang disusun sesuai dengan karakteristik, struktur, dan kaidah teks secara lisan maupun lisan | 3.1 memahami teks 3.2 membedakan teks 3.3 mengklasifikasi teks 3.4 mengidentifikasi teks 4.1 menangkap makna teks 4.2 menyusun teks 4.3 menelaah dan merevisi teks 4.4 meringkas teks | a. pembelajaran reguler dengan penjadwalan khusus di awal dan/atau akhir semester b. terintegrasi c. penugasan mandiri |
Semester : Genap
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | STRATEGI YANG DIGUNAKAN |
3. | Teks Eksposisi 3. Memahami, membedakan, mengklasisifikasi, dan mengidentifikasi teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 4. Menangkap makna, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas teks eksposisi yang disusun sesuai dengan karakteristik, struktur, dan kaidah teks secara lisan maupun lisan | 3.1 memahami teks 3.2 membedakan teks 3.3 mengklasifikasi teks 3.4 mengidentifikasi teks 4.1 menangkap makna teks 4.2 menyusun teks 4.3 menelaah dan merevisi teks 4.4 meringkas teks | a. pembelajaran reguler dengan penjadwalan khusus di awal dan/atau akhir semester b. terintegrasi c. penugasan mandiri |
4. | Teks Eksplanasi 3. Memahami, membedakan, mengklasisifikasi, dan mengidentifikasi teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 4. Menangkap makna, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas teks eksposisi yang disusun sesuai dengan karakteristik, struktur, dan kaidah teks secara lisan maupun lisan | 3.1 memahami teks 3.2 membedakan teks 3.3 mengklasifikasi teks 3.4 mengidentifikasi teks 4.1 menangkap makna teks 4.2 menyusun teks 4.3 menelaah dan merevisi teks 4.4 meringkas teks | a. pembelajaran reguler dengan penjadwalan khusus di awal dan/atau akhir semester b. terintegrasi c. penugasan mandiri |
5. | Teks Cerita Pendek 3. Memahami, membedakan, mengklasisifikasi, dan mengidentifikasi teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 4. Menangkap makna, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas teks eksposisi yang disusun sesuai dengan karakteristik, struktur, dan kaidah teks secara lisan maupun lisan | 3.1 memahami teks 3.2 membedakan teks 3.3 mengklasifikasi teks 3.4 mengidentifikasi teks 4.1 menangkap makna teks 4.2 menyusun teks 4.3 menelaah dan merevisi teks 4.4 meringkas teks | a. pembelajaran reguler dengan penjadwalan khusus di awal dan/atau akhir semester b. terintegrasi c. penugasan mandiri |
Contoh Jadwal Pelaksanaan Matrikulasi
No | KompetensiDasar | Jam Pel. | WaktuPelaksanaan | ||||||
Tatapmuka | Terintegrasi dng pembelajaran | Penugasan | |||||||
Desember 2014 | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||
1. | TeksLaporanHasilObservasi | ||||||||
3.1 memahami teks | 2 | 2 | |||||||
3.2 membedakan teks | √ | ||||||||
3.3 mengklasifikasi teks | 2 | 2 | |||||||
3.4 mengidentifikasi teks | |||||||||
4.1 menangkap makna teks | √ | ||||||||
4.2 menyusun teks | 3 | 2 | 1 | ||||||
4.3 menelaah dan merevisi teks | 2 | 2 | |||||||
4.4 meringkas teks | √ | ||||||||
2. | TeksTanggapanDeskripsi | ||||||||
3.1 memahami teks | 2 | 2 | |||||||
3.2 membedakan teks | √ | ||||||||
3.3 mengklasifikasi teks | 2 | 1 | 1 | ||||||
3.4 mengidentifikasi teks | |||||||||
4.1 menangkap makna teks | √ | ||||||||
4.2 menyusun teks | 3 | 3 | |||||||
4.3 menelaah dan merevisi teks | 2 | 2 | |||||||
4.4 meringkas teks | √ |
Contoh Alat Evaluasi Matrikulasi
No. | Jenis Penilaian | Ya / tidak | Contoh Alt Penilaian | Cara Penilaian |
1. | Tes Tulis | ya | Pilihan Ganda, Isian, Jawaban singkat, benar salah, menjodohkan, Uraian | Individual |
2. | Tes Praktik | |||
3. | Tes Lisan | ya | Daftar Pertanyaan | Individual |
4. | Penugasan | ya | Pekerjaan rumah dan atau tugas yang dikerjakan secara individu dan kelompok sesuai dengan karakter tugas | Individual dan kelompok |
Contoh Pengelolaan Implementasi Matrikulasi Kurikulum 2013
No | Identifikasi permasalahan yang mungkin muncul | Cara penyelesaian masalah | Langkah-langkah |
Waktu pelaksanaan martikulasi: · Jika dilaksanakan pada Jam efektif akan mengurangi keefektifan proses pembelajaran · Jika dilaksanakan pada waktu libur, guru tidak bersedia demikian juga siswa banyak yang libur dengan keluarganya | · Dilaksanakan pada setelah pulang sekolah/dilaksanakan pada jam pelajaran tambahan · Dilaksanakan two Minggu awal semester/akhir semester · Penugasan di rumah | · Pertemuan dengan guru MGMP sekolah · Membentuk tim work · Membuat program · Melaksanakn program · Monitoring dan evaluasi · laporan | |
Biaya · Dalam RAPBS/ RKAS belum dianggarkan alokasi dana untuk kegiatan matrikulasi · Sekolah tidak mempunyai dana untuk kegiatan matrikulasi | · Mengadakan perubahan RAPBS · Melibatkan Komite sekolah/orang tua siswa untuk penggalangan dana · Dilaksanakan tahun anggaran 2015 | · Mengadakn pertemuan dengan komite sekolah termasuk tim penyusunan RKA, penyusunan program |
0 Comments
Post a Comment