Ciri-ciri Khusus pada tumbuhan yang jarang diketahui oang lain


Tumbuhan mempunyai ciri-ciri khusus untuk penyesuaian dan adaptasi di lingkungannya.Ciri khusus itu juga bisa membadakannya dengan tumbuhan lain.Dengan penyesuaian diri,tumbuhan bisa bertahan hidup.Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus.



1.Kaktus

Kaktus umumnya hidup di tanah atau tempat yang kering dan gersang.Oleh karena itu, tumbuhan ini dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit. Agar dapat tetap bertahan dan hidup di tanah dan tempat yang gersang bahkan tandus, kaktus memiliki ciri khusus seperti Akar kaktus yang umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus bisa menembus tanah yang lumayan dalam untuk mencari air sebanyak mungkin. Ciri khusus lainnya yaitu daunnya yang berbentuk mengecil menyerupai duri.Hal ini berguna untuk mengurangi proses penguapan air pada kaktus. Tempat fotosintesis digantikan oleh batang. Batang kaktus ini mempunyai klorofil yang dapat membantu fotosintetis pada tumbuhan ini.Bukan hanya batang kaktus menjadi besar dan menggembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air di lingkungan yang kering dan tandus.

2.Mawar

Tanaman atau bunga mawar memiliki bunga yang sangat indah. Namun, berhati-hatilah saat memetiknya. Sebab, kaktus memiliki duri-duri yang tajam dan bisa melukai tangan atau jari anda. Duri pada batang ini adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman atau bunga mawar. Duri inilah yang berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam pada tangkai atau batang mawar.

3.Putri Malu


Tanaman ini memiliki daun yang dapat mengatup apabila disentuh. Dahannya halus sedikit berbulu, bercabang dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri tersebut adalah salah satu ciri khusus yang digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh.Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri yaitu Jika tanaman putri malu dipotong, umbinya dapat bersemi. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.

4.Teratai

Tanaman air ini biasanya hidup terapung di kolam atau danau bahkan di sungai-sungai.Tanaman ini mempunyai daun yang lebar dan tipis, sehingga mempermudah penguapan air dari tanaman tersebut dan penye-rapan cahaya matahari. Batang dan akar tanaman ini memiliki rongga-rongga udara. Teratai bisa bernapas meskipun di dalam air melalui ronga-rongga yang membawa oksigen ke batang dan akar.
5.Kantung Semar


Kantung Semar memiliki daun yang melengkung menyerupai piala. Lapisan dalam daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Seranggan akan mendekat saat terpikat oleh nektarnya dan masuk ke dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang masuk dan kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar sebagai makananya.

6.Raflesia Arnoldi


Tumbuhan Rafflesia arnoldi atau yang biasa disebut bungan bangkai merupakan tanaman langka bunganya berbau bangkai. Bau bunga ini untuk menarik perhatian lalat atau serangga lainnya. Serangga seperti lalat sangan berguna bagi bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan.



0 Comments

Post a Comment