
Tujuan Lomba Mobile Edukasi 2015 :
- Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
- Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Memperkaya konten pendidikan di internet.
- Diharapkan dari kegiatan ini BPMP beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Untuk mempopulerkan programme mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Mobile Edukasi 2015” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.
Lomba Mobile Edukasi adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.
Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang. Adapun target yang hendak di raih adalah 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.
Pelaksanaan Lomba Mobile Edukasi 2015
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam five tahapan, yaitu:
- Tahap Sosialisasi/Publikasi
- Tahap Pendaftaran/Pengumpulan Karya
- Tahap Seleksi Karya
- Tahap Grand Final
- Tahap Penyerahan hadiah.
- Waktu dan Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Apr 2015 sampai Selasa, 1 September 2015 secara online.
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara two : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 9.000.000,-
- Juara three : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara two : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara three : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara two : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara three : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama five bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
- Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
- Daftar menjadi peserta lomba.
- Nama user peserta adalah alamat e-mail yang didaftarkan
- Dengan menjadi peserta bisa memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
Persyaratan Peserta :
- Warga Negara Republic of Indonesia (WNI).
- Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
- Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
- Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
- Karakteristik Peserta
- Bersifat perorangan
- Bersifat kelompok maksimal three orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
- Karya adalah master copy dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
- Karya berupa programme Aplikasi mobile yang bisa memperkaya konten di website m-edukasi (proses instalasi tidak melibatkan website pihak ketiga/app store).
- Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat handphone, smartphone atau tablet. boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya).
- Didalam programme mencantumkan splash covert dengan standar yang telah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
- Materi bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar).
- Disajikan dengan menggunakan Bahasa Republic of Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
- Peserta yang masuk lastly fifteen besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
- Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
- Syarat utama karya adalah "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
- Warga Negara Republic of Indonesia (WNI).
- Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, e-mail dan media sosial resmi lomba.
- Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
- Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di spider web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan.
- Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.
Sumber: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/indexweb.php
0 Comments
Post a Comment