Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik termasuk peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP dapat melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.
Pelaksanaan lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran
Adpun Tema Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Republic of Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran ( INOBEL) guru SMP tahun 2016 ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:
1. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini menggunakan kode MIPA.
2. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini menggunakan kode IPSB.
3. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Agama, dan Bimbingan Konseling (BK). Untuk bidang ini menggunakan kode SORAK.
Adapun Persyaratan peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;
c. melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
d. memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;
e. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
f. melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi peringkat satu, dua, dan tiga pada Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).
g. melampirkan surat pernyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.
h. tidak sedang tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat lampiran 3).
Persyaratan Karya dalam Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a. bersifat individual,
a. bersifat individual,
b. satu karya,
c. orisinal,
d. telah diimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya maksimal tiga tahun terakhir, dan
e. belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
Tiga persyaratan (c, d, dan e) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).
Persyaratan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
1. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2. Karya inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy dan softcopy dalam CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail) dengan alamat inobelsmp2016@gmail.com
LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 |
Seleksi dan Penilaian
1. Ketentuan Seleksi dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Untuk Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016, teknik seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a. Tahap I
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1) Kelengkapan dokumen dan keaslian naskah, serta kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan pedoman merupakan persyaratan utama. Penilaian dilakukan oleh Direktorat
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b. Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga kelompok bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan menggunakan instrumen 2.
c. Tahap III,
Pada tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga bidang lomba) melakukan pameran atau display karya inovasi
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
d. Tahap IV,
Sepuluh finalis dari setiap bidang lomba (total 30 finalis) mempresentasikan karyanya di depan forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.
Aspek yang Dinilai Karya inovasi pembelajaran akan dinilai berdasarkan aspek-aspek berikut.
1) Asli: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
2) Spesifik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3) Unik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
4) Inovatif: Karya inovasi yang dibuat mengandung unsur kebaruan.
5) Sistematis: tata urut karya inovasi pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
6) Aplikatif: karya inovasi pembelajaran diusulkan, mudah diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
7) Inspiratif: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan mampu mengilhami pengguna untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajaran;
8) Bermakna: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
Sistematika Penulisan Naskah Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut.
SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Dokumen Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tahun 2016 dapat dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. fifteen Jalan Jenderal Sudirman Senayan DKI Jakarta Kode Pos 10270 Pos-el (E-mail): inobelsmp2016@gmail.com
DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (Klik disini)
0 Comments
Post a Comment